Recent Posts

    Rekrutmen Telkom: A Road To Great People Trainee Program Batch VI PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Part 5

    Masih mengenai pembahasan tentang Rekrutmen Telkom, setelah sebelumnya pada part 4 "Rekrutmen Telkom: A Road To Great People Trainee Program Batch VI PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Part 4". membahas mengenai jadwal seleksi GPTP VI jalur campus recruitment dan beberapa "missing link" part yang hilang. Pada kesempatan ini penulis ingin menceritakan step by step tahapan tes yang telah dilalui. Silahkan kunjungi IG @livingintelkom untuk mendapatkan keseruan all about living in Telkom.

    rekrutmen telkom GPTP
    Logo GPTP VI

    A Road To GPTP Batch VI

    From zero to hero, mungkin itu kata yang bisa mengambarkan perasaan penulis  pada saat itu, bayangkan, tak terasa sudah satu bulan lamanya penulis menggangur setelah menyandang gelar Sarjana Teknik (yaelah baru juga satu bulan, wkwkwk). Tapi jujur, pada masa itu waktu terasa bergerak sangat lambat, dibalik tekanan dari kata "kapan nikah?" ada kata lain yang juga bikin jantung bedebar, yaitu "kapan kerja?" yaelah kok udah sarjana belum dapet kerja juga? liat tuh tetangga sebelah udah kerja, gajinya double digit. Sakit kan dengarnya?.

    Untungnya penulis punya prinsip berfikir "bodo amat" untuk kata-kata toxic seperti itu, ternyata berguna juga sih untuk kesehatan mental. Dari pada galau, mendingan melakukan hal positif lainnya, misalnya menekuni passion dan lain-lain, Toh banyak juga orang yang menghasilkan uang dari hobinya. Tapi karena mungkin udah jadi budaya ya, "nggak kerja kalo nggak pake seragam", calon mertua yang hobi kalo calon menantunya PNS, ih dia kok banyak duit padahal cuma di rumah aja, pasti pesugihan nih. Sekedar intermezzo ya, meskipun kadang memang benar, wkwkwk.

    Penulis merasa bangkit dari keterpurukan dengan diberinya secercah harapan melalui program Great People Trainee Program atau yang disingkat GPTP ini. Mau tau bagaimana tahapan penulis dalam melalui tahapan-tahapan yang ada ? mari simak tulisan di bawah ini.


    Psikotest, Tes Bidang, dan Culture Fit Test

    Setelah sebelumnya penulis telah lolos tahap administrasi, penulis juga telah mendapat email untuk mengikuti beberapa tes selanjutnya, yaitu Psikotest, Tes Bidang, dan Culture Fit Test. Untuk jadwal lengkapnya dapat dilihat pada part 4.

    Psikotest

    Senin, tanggal 05 Juni 2017, penulis bergegas menuju kantor Telkom Witel Bengkulu untuk mengikuti tes yang sudah dijadwalkan sebelumnya. Tak lupa setelan standar (sepatu pantofel, kemeja putih, celana dasar hitam) biar ganteng wkwkwk. Tak lupa membawa beberapa berkas untuk verifikasi di antaranya Ijazah, SKCK, KTP, cetakan CV online dan Materai serta dokumen pendukung lainnya.

    Penulis serta peserta lainnya, diarahkan menuju lantai 3 gedung Telkom Witel Bengkulu untuk melaksanakan tes. Setelah sampai di tempat tujuan, kami berbaris mengisi absen, serta menyerahkan dokumen yang telah disiapkan untuk diverifikasi. Setelah itu kami dipersilahkan untuk menduduki kursi yang telah disediakan. Kemudian kami diberi penjelasan mengenai tes yang akan dilaksanakan.

    Jam menunjukan pukul 09:00 WIB, psikotest pun dimulai, ya pada dasarnya tes ini merupakan tes TPA, dimana komponennya berupa objek kata/verbal (berupa sinonim, antonim, serta padanan kata), angka/numeris (deret angka), dan objek gambar (berupa geometris, bangun ruang, dll).

    Kemudian dilanjutkan dengan tes Wartegg, wartegg disini bukan warung tegal ya, wkwkwk. Tes ini dihadapkan dengan delapan kotak dan sudah berisi simbol-simbol seperti garis dan lingkaran untuk nantinya dilengkapi sehingga menjadi suatu objek gambar. Sebelumnya penulis sudah mencari info tentang bagaimana cara mengerjakan tes wartegg ini, Dari informasi yang didapat, tips nya adalah untuk simbol yang berbentuk lingkaran sebaiknya, menggambar makhluk hidup, dan untuk simbol garis, sebaiknya menggambar benda mati.

    rekrutmen telkom gptp
    Wartegg Test
    Setelah tes wartegg dilaksanakan, kemudian dilanjutkan dengan tes mengambar orang dan menggambar pohon. Untuk tips menghadapi tes ini, hal yang perlu diperhatikan dalam mengambar orang adalah dengan menggambar anggota tubuhnya secara utuh dan sebaiknya sedang melakukan kegiatan. Untuk tes menggambar pohon sebaiknya dengan menggambar pohon dengan daun yang lebat, buah yang banyak, akar yang kokoh dan diberi garis tanah.

    Setelah tes menggambar selesai, dilanjutkan dengan tes pauli atau koran selama 1 jam. Tes ini sebenarnya cuma menjumlahkan angka dari atas ke bawah (pauli), dan jika hasil penjumlahan lebih dari 10 maka angka terakhir yang ditulis. Menurut penulis, tes ini yang paling menyebalkan karena harus menjumlahkan angka di kertas selebar koran bolak balik dengan waktu yang singkat. Apalagi ketika penulis melihat teman yang sudah berhasil mengerjakan, malahan minta tambah. Padahal penulis baru mengerjkan seperempatnya, dan harus puas dengan menyelesaikan hanya setengahnya saja, wkwkwk.

    Tes Bidang

    Tes bidang? apaan tuh? penulis juga kaget, karena tes ini tidak diberitahukan pada email. jadi semacam kuis dadakan ya wkwkwk. Pada tes ini penulis dihadapkan dengan soal essay dengan empat pertanyaan. Ternyata setiap soal berbeda sesuai jurusan peserta. Kebetulan penulis merupakan sarjana Teknik Elektro Teknik Tenaga Listrik (Arus Kuat), namun soal yang ditanyakan merupakan tes bidang untuk Teknik Elektro Telekomunikasi. Berbekal secuil pengetahuan yang didapat pada mata kuliah sistem telekomunikasi  semasa kuliah (untung penulis nggak sering bolos walaupun nggak rajin-rajin amat wkwkwk) dan pengetahuan umum seputar teknologi, tentunya penulis tidak merasa kesulitan mengerjakannya. Karena sebagian jawaban ada di soalnya sendiri, so harus jeli melihat peluang. Fyi. hasil dari tes ini nanti ditanyain loh pas tes wawancara, jadi siapkan jawaban "ngelesnya" ya wkwkwk.

    Culture Fit Test

    Culture Fit Test ? Wah tes apaan nih, dulu penulis juga binggung tujuan tes ini sebenarnya apa. Setelah dicari-cari infonya, tes ini bertujuan untuk mencari kandidat yang selaras dengan budaya perusahaan tentunya Telkom itu sendiri. Penulis pernah mendengar bahwa pernah ada riset tentang perusahaan yang bisa bertahan lama lebih dari 70 tahun, kira-kira apa kuncinya ? ternyata kuncinya adalah budaya perusahaan yang baik. Beruntunglah jika kalian memilih Telkom sebagai tujuan untuk mengabdi, karena Telkom memiliki budaya perusahaan yang baik bernama "The Telkom Way" disingkat TTW. Nah jika kalian memiliki nilai-nilai TTW ini kemungkinan tidak akan sulit melalui tes ini. Mau tau bocoran nilai-nilai TTW ? ini dia penampakannya.

    rekrutmen telkom gptp
    The Telkom Way

    Interview Panel

    Kamis, 08 Juni 2017. penulis kembali bergegas menuju kantor Witel Bengkulu untuk mengikuti tes interview panel. Karena peserta berjumlah 20 orang, maka beberapa peserta lain tes dengan jadwal yang berbeda. Kebetulan penulis memiliki jadwal yang sama dengan 3 orang teman satu angkatan teknik elektro. Karena nama penulis berawalan huruf "A", ternyata dipanggil duluan dari teman-teman satu angkatan lainnya. Tips untuk menghadapi wawancara ini adalah attitude untuk kesan pertama. Maka jangan lupa mengetuk pintu dan memberi salam ketika memasuki ruangan, berjabat tangan dengan hangat ditambah senyuman yang tulus, dan duduk ketika dipersilahkan.

    Ternyata ada tiga pewawancara dengan masing-masing bidang yang berbeda, terlihat disana duduk Bapak Nugroho Setio Budi (GM Witel Bengkulu) selaku User, 1 pewancara dari HCM (Human Capital Management), dan 1 dari psikolog. Wawancara seperti biasa dimulai dengan "perkenalan diri", jangan sepelekan momen ini karena disinilah kita sudah mulai dinilai. Kemudian pewawancara user mulai menanyakan perihal jawaban tes bidang tempo hari, kebetulan penulis sudah menyiapkan jawabannya, karena penulis menyadari bahwa soal tersebut akan ditanyakan kembali. Kemudian dilanjutkan pertanyaan-pertanyaan "apa pencapaian terbesar anda?, bagaimana menghadapi konflik?, dan pertanyaan lain yang mampu menguak sisi lain dari diri kita" jadi jangan salah jawab ya, dan pilihlah jawaban yang bijak.

    Tes Kesehatan

    Jum'at, 09 Juni 2017 tepatnya sehari setelah menjalani tes interview panel, penulis melaksanakan tes di Laboratorium Kimia Farma bersama peserta lainnya. Sesuai pemberitahuan di email sebelumnnya, peserta diwajibkan berpuasa mulai pukul 04:00 WIB. Kebetulan pada saat itu juga sedang berada dibulan Ramadhan sehingga sudah agak terbiasa untuk bangun sahur. Himbauan lain untuk yang tidak berpuasa, yaitu hanya diperbolehkan meminum air mineral selama durasi puasa (04:00 WIB - 14:00 WIB). Tes kesehatan pun dimulai pukul 10:00 wib.

    Adapun tes yang diujikan yaitu tes kesehatan dalam dan tes kesehatan fisik/luar, Kesehatan dalam meliputi tes darah, EKG, urine, radiologi, dan audiometri. sedangkan untuk tes kesehatan fisik yaitu, tinggi badan, berat badan, tensi, jarak pandang mata, lingkar perut dan buta warna. 

    Rangkaian tes telah dilaksanakan, dan kami diberi kabar bahwa pengumuman akan diumumkan kira-kira akhir bulan Mei 2017. Mau tau kelanjutannya ? to be continued . . .



    0 Response to "Rekrutmen Telkom: A Road To Great People Trainee Program Batch VI PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Part 5"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel